Water front Pontianak

This slideshow requires JavaScript.

Pontianak identik dengan Sungai Kapuas yang membelah kotanya. Karakter kota dibelah sungai lebar ini mirip dengan Kota Lyon di Prancis. Kawasan pinggir Sungai Kapuas ingin dibuat secantik kota di Eropa itu.

Potensi Sungai Kapuas yang terpanjang di Indonesia ini mulai dilirik pemerintah pusat untuk dikembangkan menjadi obyek wisata yang mampu menarik minat wisatawan. Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak tengah membangun waterfront mulai dari Taman Alun Kapuas hingga ke Pelabuhan Senghie. Dengan dikembangkannya kawasan pinggiran Sungai Kapuas, bukan tidak mungkin keindahannya tidak kalah dengan sungai yang ada di Kota Lyon, Prancis.

Impiannya Waterfront Pontianak lebih menarik lagi karena ada keunikan tersendiri selain sebagai sungai terpanjang di Indonesia, di sepanjang pinggir Sungai Kapuas juga terdapat gertak atau jembatan yang terbuat dari kayu, ada Istana Kesultanan Pontianak, Masjid Jami dan Tugu Khatulistiwa.

Pemerintah kota telah melakukan berbagai pembenahan di sepanjang pinggiran Sungai Kapuas. Salah satunya waterfront city di Taman Alun Kapuas yang dilengkapi dengan fasilitas air mancur serta berbagai fasilitas lainnya. Bahkan Presiden Joko Widodo menyatakan ketertarikannya dengan Sungai Kapuas sehingga pinggiran Sungai Kapuas akan dikembangkan menjadi obyek wisata yang menarik nan elegan. Khususnya dalam mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara ke Kota Pontianak dan Kalimantan Barat umumnya.


Sumber artikel : http://travel.detik.com/

Sumber foto : http://idapontianak.blogspot.co.id/http://pontinesia.tumblr.com/http://www.kompasiana.com/http://kumpulananakperum.blogspot.co.id/.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s