Tugu Khatulistiwa

This slideshow requires JavaScript.

Tugu Khatulistiwa merupakan salah satu tugu yang didirikan pada 31 Maret 1928 oleh rombongan ekspedisi internasional yang dipimpin seorang ahli geografi Belanda untuk menentukan titik atau tonggak equator di kota Pontianak. Berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Propinsi Kalimantan Barat. Lokasinya kurang lebih berada sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak.

Tugu yang merupakan ikon kota Pontianak ini dibangun untuk menandai garis khayal pada garis lintang nol derajat yang terletak di Siantan, sekitar tiga kilometer dari pusat Kota Pontianak ke arah Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Pontianak.

Pada bulan Maret 2005, BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) melakukan koreksi untuk menentukan kembali lokasi titik nol garis khatulistiwa dengan menggunakan Global Positioning System(GPS). Hasil pengukuran oleh BPPT, menunjukkan, posisi Tugu Khatulistiwa saat ini tidak berada di 0 yang sesungguhnya tapi berada pada 0 derajat, 0 menit, 3,809 detik lintang utara; dan, 109 derajat, 19 menit, 19,9 detik bujur timur. Sementara, posisi 0 ang sesungguhnya berada 117 meter ke arah Sungai Kapuas dari arah tugu saat ini.

Tugu khatulistiwa juga merupakan tempat utama titik kulminasi di Indonesia. Peristiwa kulminasi hanya terjadi di lima negara, antara lain di Indonesia, Equador, Peru, Columbia, dan Brazil. Namun dari semua negara yang mengalami peristiwa alam tersebut, hanya satu yang benar-benar dilintasi oleh garis khatulistiwa, yaitu Kota Pontianak, Indonesia.Bangunan tugu terdiri dari empat buah tonggak kayu belian atau kayu ulin (kayu besi), masing-masing berdiameter 0,30 m dengan ketinggian tonggak bagian depan setinggi 3,05 m dan tonggak bagian belakang tempat lingkaran dan anak panah penunjuk arah setinggi 4,40 m.


Sumber artikel : http://www.wacananusantara.org/

Sumber foto : http://www.kidnesia.com/, http://rizkur07.blogspot.co.id/http://tari-puspita.blogspot.co.id/http://hingga.com/http://www.antarafoto.com/

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s