Museum Kalimantan Barat

This slideshow requires JavaScript.

Museum Kalimantan Barat terletak di Jalan Jenderal Achmad Yani Pontianak. Memiliki gedung pameran tetap, dengan ruang pameran yang di bagi menjadi 3 ruangan, yaitu  :

  1. Ruang Pengenalan, berisi Koleksi Geologika, Biologika, Arkeologika, Historika, Numismatika dan Heraldika.
  2. Ruang Budaya Kalimantan Barat, mencakup 7 unsur kebudayaan; Religi dan Upacara Keagamaan, Organisasi Kemasyarakatan, Pengetahuan, Bahasa, Kesenian, Mata Pencaharian Hidup, dan Teknologi dan Peralatan.
  3.  Ruang Keramik yang terdiri dari Keramik-keramik Lokal dan Asing.

Selain menampilkan koleksi yang ada di Gedung Pameran Tetap, Museum Provinsi Kalimantan Barat juga menampilkan Koleksi di Plaza Museum yang tediri dari Koleksi Replika dan Miniatur-miniatur.

Waktu kunjungan :

  • Selasa s/d Minggu 08.00 – 14.30 WIB
  • Jumat 08.00 – 11.00 WIB
  • Senin dan libur nasional tutup.

Aktivitas Museum

Beberapa aktivitas yang dilakukan meliputi pameran, bimbingan kepada pengunjung, karya tulis, konservasi/preparasi koleksi, survei, pengadaan koleksi, ceramah, sarasehan, sosialisasi, diskusi, penelitian, lomba lukis, cerdas cermat.

Dari adat dayak yang terkesan seram, beralih ke koleksi adat melayu Pontianak. Satu kata yang terucap dari buda’-buda’ pontianak (buda’-buda’: panggilan teman-teman atau sekolompok orang sebaya) yaitu ‘GLAMOUR’. Kenapa dikatakan glamour? Karena dari koleksi yang ada di museum ini kebudayaan melayu di pontianak dikaitkan dengan barang-barang mewah semacam gramofon, alat musik yang lengkap yang biasa digunakan musisi-musisi jazz serta kain-kain emas dan perhiasan yang membuat silau mata.

Ditunjukkan pula betapa glamournya suatu adat pernikahan masyarakat melayu yang dilengkapi dengan ritual-ritual yang mengiringinya. Yang paling menonjol dan berkesan yakni budaya betangas yang hingga kini masih membudaya, antara lain mandi uap untuk membersihkan kotoran sebelum menikah.


Sumber artikel : https://ikifuturity.wordpress.com/http://wisatapontianak.com/

Sumber foto : http://www.cikguhailmi.com/http://wawan-baskoro.blogspot.co.id/http://www.skyscrapercity.com/