Pulau Lemukutan

This slideshow requires JavaScript.

Pulau Lemukutan yang berjarak sekitar empat puluh lima menit pelayaran dari dermaga Teluk Suak, di Kecamatan Sungairaya Kepulauan, ini merupakan salah satu gugusan kepulauan yang berada di wilayah perairan Selat Karimata. Berdampingan dengan beberapa pulau lainnya, seperti Kabung, Randayan, Penata, dan lainnya. Tetapi, di antara pulau-pulau tersebut, Lemukutan lah yang memiliki wilayah paling luas dengan jumlah penduduk terbesar. Tak heran, di pulau itu pula Kantor Desa Lemukutan berada.

Pulau Lemukutan adalah pulau yang paling besar di antara ke duabelas pulau yang ada di wilayah studi. Pulau Lemukutan memiliki luas 12.520 ha, jarak dari daratan (Kec. Sungai Raya) adalah 38 km dengan jumlah penduduk sebanyak 975 jiwa. Di Pulau Lemukutan terdapat 2 (dua) lokasi yang memiliki potensi wisata pantai, yaitu pantai di Teluk Melano dan pantai di Teluk Cina. Jenis atraksi wisata yang dapat dikembangkan pada ke dua lokasi di Pulau Lemukutan tersebut diantaranya adalah keindahan alam pantai, olah raga air dan taman laut.

Tak banyak yang Mengetahui asal mula sebutan Lemukutan, namun dari sekian banyak cerita rakyat yang ada, jika kita lihat dari topografi pulau ini memang menyerupai badan seekor lembu. Kondisi hutan yang masih perawan, terjaga secara alami oleh masyarakat setempat, membuat pulau ini masih sangat alami.

Kegiatan memancing atau memotret, mungkin lumrah bila dilakukan di kawasan perairan seperti di Pulau Lemukutan ini. Apalagi kegiatan menyelam yang memang di kawasan itu memiliki cukup banyak lokasi penyelaman yang menarik. Bersepeda di jalur-jalur off road dan mengelilingi Pulau Lemukutan juga merupakan aktivitas menyenangkan alternatif selain berenang dan menyelam, selain juga menikmati sunrise dan sunset.


Sumber artikel : http://www.kaskus.co.id/http://kalbar-online.com/

Sumber foto : https://mefpnk.wordpress.com/http://www.tamasyapuriwisata.com/http://disdikbud.bengkayangkab.go.id/,

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s