Jembatan Tayan

This slideshow requires JavaScript.

Jembatan Tayan menghubungkan Desa Tayan dan Desa Piasak, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau. Jembatan Tayan merupakan infrastruktur utama yang menghubungkan jalan Trans Kalimantan poros selatan di wilayah Kalimantan Barat. Jalan Trans Kalimantan poros selatan, tahun lalu, sudah menghubungkan Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, dan Kabupaten Sanggau. Setelah Jembatan Tayan selesai dibangun, Kabupaten Sanggau akan terhubung dengan Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara.

Lokasi jembatan itu berada di wilayah Kecamatan Tayan yang persis berada di sisi utara sungai terpanjang dan terlebar di Kalimantan tersebut. Jembatan itu akan melintasi Pulau Tayan yang berada di tengah sungai tadi. Pulau tersebut tidak berpenghuni dan difungsikan sebagai areal pemakaman.

Jembatan itu akan terhubung dengan jalan Trans-Kalimantan yang menghubungkan wilayah Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah. Saat ini, perencanaannya sudah memasuki tahap detail desain. Jembatan ini tipe terbaru dari rangka baja. Kalau dilihat tipenya, hampir sama dengan di Tiongkok.

Jembatan itu berjarak 12 kilometer dari Kota Pontianak. Terdiri atas dua bagian meliputi jembatan sepanjang 280 meter yang menghubungkan Pulau Tayan dan jembatan sepanjang 1.140 meter yang menghubungkan Pulau Tayan dengan jalan Trans-Kalimantan.

Untuk mewujudkan jembatan tersebut, diperlukan pembebasan 18 bangunan rumah. Salah satunya bangunan eks kantor camat. Tak hanya itu, pemerintah pusat juga akan membebaskan 23 hektare lahan yang akan dijadikan jalan raya. Bentang utama jembatan selebar 350 meter, lebar jembatan 11,5 meter, dengan lebar jalan diperkirakan selebar 9 meter. Tinggi lambung jembatan sekitar 13 meter. Beautiful infrastructure beautiful bridge. Here we serve to pass to the paradise.


Sumber artikel : http://kalbar.prokal.co/https://id-id.facebook.com/notes/
Sumber foto : http://www.kompasiana.com/http://pu.kalbarprov.go.id/http://www.pu.go.id/http://finance.detik.com/http://www.antarafoto.com/

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s