Air terjun Riam Berawan

This slideshow requires JavaScript.

Riam Berawan terletak di Dusun Melayan, Desa Sahan, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang. Jaraknya sekitar 80 km dari pusat Kota Bengkayang. Riam Barawan mempunyai ketinggian sekitar 75 m dan merupakan salah satu riam tertinggi yang ada di Kabupaten Bengkayang.

Riam Barawan bisa dijangkau dari Kota Bengkayang dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat selama kurang lebih 3 jam perjalanan. Setelah itu, perjalanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri hutan tropis Kalimantan yang masih hijau kurang lebih selama 30 menit.

Sepanjang jalan menuju ke lokasi Riam Berawan ini terdapat banyak sekali panorama indah. Sarana yang telah disediakan untuk mencapai lokasi tersebut telah dipermudah oleh Pemda Bengkayang dengan memperbaiki jalan, Menyediakan plang nama objek wisata Riam Berawan.

Legenda Riam Berawan menceritakan seekor ular raksasa yang sedang bertempur dengan seorang panglima perang masyarakat setempat, karena panglima perang tersebut mempunyai kesaktian yang luar biasa. Akhirnya ular raksasa tersebut mati terpotong-potong.

Anehnya, potongan tersebut menjelma menjadi sebuah Riam yang sangat besar dan sangat tinggi. Kisah unik lainnya yaitu, adanya penampakan seekor rusa dari tengah riam tersebut yang memancarkan sinar keemas-emasan, sehingga dikenal dengan nama Riam Berawan atau Riam Emas.


Sumber artikel : http://www.travelmatekamu.com/http://www.delapan6.com/

Sumber foto : https://sites.google.com/http://www.travelmatekamu.com/http://www.kaskus.co.id/

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s