Sotong Pangkong

Sotong Pangkong adalah salah satu kuliner khas Pontianak. Sotong pangkong merupakan cumi kering beragam ukuran yang dibakar kemudian dipukul atau dipangkung di atas meja kayu atau sejenisnya dengan palu. Cumi yang sudah dipangkung itu disajikan di atas piring tipis. Sedangkan untuk menambah kenikmatan, dapat dicampur dengan cabai tumbuk yang diberi air dan dicampur kacang tanah.

Pembeli sotong pangkong tidak hanya dari masyarakat Kota Pontianak, melainkan juga para tamu atau wisatawan dari luar. Anwar Huda salah seorang pembeli kuliner Sotong Pangkong di kawasan Jalan Merdeka, Kecamatan Pontianak Kota menyatakan dirinya dan teman-temannya selalu menyempatkan diri menikmati kuliner cumi kering yang dibakar ini.

Rasanya gurih, asin, dan pedas kalau sudah dicampur dengan sambal kacang yang memang disiapkan oleh para pedagang. Bagi penikmat kuliner khas daerah sayang kalau sampai tidak menyempatkan diri untuk menikmati.

Sotong Pangkong juga enak dinikmati sambil santai menikmati kopi panas atau es teh. Dari pantauan di lapangan, bunyi palu diadu dengan meja dari kayu terdengar bersahut-sahutan di sepanjang Jalan Merdeka Barat sejak matahari mulai terbenam.