Nasi Goreng Fatimah

Bagi masyarakat Kota Pontianak rumah makan Siti Fatimah sudah melegenda. Rumah makan ini terkenal karena menu spesialnya, nasi goreng. Ya, rumah makan Siti Fatimah sudah menjadi citra tersendiri, bagi penikmat nasi goreng. Dari sanalah, cita rasa itu dibentuk dan dipertahankan.

Sejatinya rumah makan Siti Fatimah tidak hanya menjual nasi goreng. Rumah makan ini juga menjual mie goreng, mie rebus dan soto ayam. Namun, nasi goreng yang menjadi ciri dan andalan rumah makan ini. Sejarah rumah makan ini cukup panjang sebelum mencapai taraf seperti sekarang.

Yang istimewa dari nasi goreng Fatimah adalah rasanya. Dari lauk maupun bumbunya, semuanya khas. Bahkan, ayam untuk lauknya pun dipakai ayam petelur. Yang rasanya mirip dengan ayam kampung.

Nama Rumah Makan Siti Fatimah sudah dipatenkan. Saat ini rumah makan Siti Fatimah sudah banyak membuka cabang. Mereka yang buka cabang, dulunya kerja di rumah makan ini. Rumah makan itu tersebar di jalan Panglima Aim, Parit Haji Husin Dua (Paris), Johar, Siantan, dan Sungai Jawi.

Rumah makan di jalan H Rais Abdurrahman mulai buka pada pukul 10 pagi, hingga pukul 11 malam. Rumah makan lainnya, buka mulai sore hari. Tak ada minuman khas. Orang makan biasanya ditemani dengan teh botol atau teh es saja. Orang jarang makan nasi goreng dengan minuman bersoda.

Biasanya rumah makan ramai selepas maghrib hingga pukul 9 malam. Menyantap nasi goreng, memang terasa lezat pada malam hari.
Ada 10 orang pekerja di rumah makan ini. Yang menggoreng nasi ada 3 orang. Biasanya lelaki. Pekerjaan ini lumayan menguras tenaga. Bagian merempah ada 1-2 orang dan sisanya bagian pelayanan. Rumah makan Siti Fatimah tidak melayani permintaan catering untuk pesta atau lainnya.

Lokasi : Jalan Husein Hamzah Pontianak Barat Kota Pontianak. 


 

Advertisements