Bubur Pedas Pak Ngah

Jejak Melayu yang cukup kental menyisakan beragam kekayaan tradisi, budaya, termasuk kuliner di Pontianak. Salah satu kuliner khas Melayu yang sangat mudah ditemukan di Pontianak adalan bubur pedas atau biasa ditulis bubor paddas. Dan salah satu lokasi penjual bubur pedas yang ramai diminati warga asli Pontianak adalah Bubur Pedas Pak Ngah yang terletak di Jalan Komyos Sudarso, Pontianak.

Meski Pak Ngah sudah lama menghadap Sang Pencipta, usahanya masih bertahan diteruskan oleh sanak saudaranya. Bubur pedas tidak seperti bubur nasi jenis lain yang dinikmati pada waktu-waktu tertentu. Bubur pedas bisa dinikmati kapan saja dari pagi hingga malam. Tampilan bubur pedas juga berbeda dengan bubur lain yang terbuat dari beras. Pasalnya, beras yang digunakan dalam bubur ini sebelumnya ditumbuk kasar lalu disangrai hingga sedikit berwarna kehitaman. Ditambah berbagai sayur dan rempah, bubur ini memiliki rasa yang unik.

Ada sekitar 20 jenis bahan yang digunakan untuk membuat bubur khas Melayu ini. Sayuran yang digunakan antara lain daun katuk, pakis, dan daun kesum yang hanya dapat ditemukan di Pontianak. Tak heran, jika usaha yang dikembangkan almarhum Pak Ngah ini masih bertahan hingga saat ini.

Lokasi : Jalan Komyos Sudarso Gg. Jagung No. 1 Kota Pontianak


 

Sumber artikel : http://kulinerbangsakoe.blogspot.co.id/

Sumber foto : http://s.kaskus.id/http://ceritaperut.com/http://3.bp.blogspot.com/