Bakwan Lawit

Bakwan ini bukan sekadar bakwan biasa. Bakwan ini benar-benar bikin ketagihan. Namanya bakwan lawit karena gerobak gorengannya terletak di dekat Gang Lawit. Jadi tak ada kaitannya dengan Kapal Lawit.

Dagangan bakwan di jajakan di gerobak sederhana. Bermodalkan dua kuali besar dan tangan yang cekatan. Mereka berhasil membuka cabang di beberapa tempat di Pontianak. Jual gorengan memang bisa sukses di Pontianak. Asal bisa membuat gorengan yang enak. Dijamin deh banyak pelanggan yang antri.

Makan satu tidaklah cukup. Bisa-bisa dalam waktu singkat menghabiskan hingga 10 potong gorengan sekali duduk. Enak banget sih terutama bakwannya yang menggunakan banyak potongan kucai. Jarang-jarang nemuin pedagang gorengan yang nggak pelit sayur kucai. Biasanya hanya sedikit kucai yang digunakan oleh pedagang. Harum dan aroma khas bakwan lawit memang istimewa dengan potongan kucai tersebut.

Udah gitu saosnya yang beda dengan saos botolan atau saos tukang gorengan yang lain. Penggorengan raksasa dan pedagangnya yang lebih dari dua orang. Ada yang sibuk menggoreng. Bikin adonan. Melayani pelanggan. Penggorengannya saja ada dua. Satu untuk menggoreng adonan mentah, satu lagi buat mematangkan gorengan.

Saking panasnya itu penggorengan dan minyaknya, puluhan bakwan mateng dalam waktu singkat. Jadi walaupun antrian panjang, jangan takut kelamaan nunggunya sebab pelayanannya juga cepat kok. Bahkan kita belum sempat ngitung gorengan yang masuk ke bungkusan, dia sudah selesai membungkusnya dan memberikan kembalian uang kita.

Lokasi : Jl. Sungai Jawi, Ujung Gang Lawit, Kota Pontianak.