Liburan Tiba, Pilih Hotel Atau Homestay?

Liburan hampir tiba, saatnya memanjakan diri bersama keluarga. Tapi, untuk penginapan pilih mana ya? Ga perlu bingung, berikut beberapa tips yang bisa bikin liburanmu menjadi seru bersama keluargamu.

1. Ketersediaan budget
Yaiyalah yang namanya liburan anggarannya harus sesuai dengan budget. Jangan sampe besar pasak daripada tiang. Kalo nginep di homestay, biayanya emang cenderung lebih murah. Apalagi kalo liburannya rame-rame sama temen, sharing budgetnya kan pasti lebih oke. Kalo di hotel, rame-rame juga ada batasan kapasitas orang yang masuk. Masuk nambah bed aja bayar. Padahal kan sebenernya kadang kita bisa empet-empetan (empet-empetan).

2. Tujuan liburan atau perjalanan
Kadang kita butuh tempat nginep bukan karena alasan liburan aja, kan? Bisa untuk urusan bisnis. Bisa juga sekedar nyari inspirasi dan biar dapat me time. Saya sendiri nggak boleh terganggu dengan aktivitas remeh temeh domestik. Makanya, lebih tepat nginepnya di hotel dengan pelayanan dan fasilitas yang oke.Fasilitas yang paling utama adalah ketersediaan wifi dan kelancaran aksesnya. Berikutnya adalah fasilitas kamar mandi dan kamar tidur yang mumpuni. Kita MANUSIA. Bukan robot. Demi istirahat yang nyaman, kita butuh tempat tidur yang nyaman pula. Yang nggak kalah penting adalah faktor makanan. Ini sih menurut saya banget.

Kalo di homestay, saya suka nggak bisa cuek. Suka pengen bantu-bantu yang punya rumah. Suka pengen ngobrol sama yang punya rumah. Dan suka enggak enakan aja karena privasi kita enggak terjaga. Kalo di hotel, mau kita nungging, mau kentut, mau apapun kan enggak masalah.

 3. Lokasi yang dituju
 Yakali kita mau nginep di hotel sekelas Novotel tapi liburannya di Pulau Pisang yang menyendiri di tengah lautan Pesisir Barat Lampung. Kalo emang memungkinkan untuk kemping, saya prefer kemping kalo rame-rame liburannya. Kalo cuma berdua atau sendirian mah mending berbaur dengan masyarakat lokal.

4. Kondisi kesehatan
Ini juga yang lagi terjadi sama saya. Entah kenapa, setelah serangan batuk yang bertubi-tubi pergi justru datang flu berat tadi malam. Padahal ada banyak hal yang harus saya kerjakan. Badan harusnya fit.

Nah, di saat nggak terduga seperti ini kita nggak bisa kan begitu aja cancel kegiatan. Apalagi melibatkan banyak orang. Masak iya cuma gara-gara flu orang lain harus re-schedule lagi. CUMA GARA-GARA FLU. Nggak keren banget, kan?

So, dalam kondisi seperti itu kita harus tetap prima, kan? Dan enggak mungkin ikut-ikut tuan rumah beres-beres. Sementara nggak mungkin juga minta tolong bikinin ini-itu kayak kita minta room service di hotel. Begitu juga soal kenyamanan dan privasi ketika kita butuh istirahat.


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s