Cara Murah Menginap Selain Hotel

homestay1
Di eropa, losmen atau motel meningkat permintaannya karena krisis global. Banyak pilihan untuk bisa berwisata hemat terutama untuk penginapan.
Wisatawan dapat menemukan penginapan yang nyaman dengan harga US$50, US$ 20, bahkan gratis di setiap destinasi wisata, dengan syarat mereka mengetahui bagaimana menemukannya.Selain tiket pesawat, biaya menginap biasanya membutuhkan dana yang besar dalam sebuah liburan. Namun, tidak perlu menghabiskan uang sebanyak US$100 sampai US$200 untuk menginap. Wisatawan yang kreatif akan berusaha mencari penginapan yang semurah mungkin, bahkan kalau bisa gratis.

Berikut ini 10 cara mendapatkan penginapan yang murah.

1. Menyewa kamar di dalam rumah
Menggunakan situs seperti Airbnb.com dan iStopOver.com, turis dapat menyewa kamar di dalam rumah, cottage, atau apartemen seseorang dengan harga yang lumayan murah. Ada kemungkinan Anda akan mendapat kamar yang kecil dan berbagi kamar mandi. Namun, jika hal itu bukan masalah besar bagi Anda, menyewa kamar mungkin hal terbaik bagi Anda.

2. Rumah ibadah

Tergantung tujuan wisata Anda, mungkin Anda dapat menemukan tempat menginap yang diberikan oleh organisasi keagamaan, seperti biara di Italia atau rumah tamu umat Kristen di Yerusalem. Carilah di Internet atau kunjungi biro wisata lokal untuk menemukan tempat tersebut.

3. Losmen
Bentuk akomodasi seperti ini ideal bagi wisatawan segala usia. Anda bisa mendapat kamar sendiri di losmen layaknya di hotel, hanya saja dengan harga yang lebih murah. Losmen sangat cocok untuk wisatawan atau backpacker yang bepergian secara mendadak, serta bagi mereka yang senang bertualang.

4. Homestay
Tidur di kamar tamu atau di sofa merupakan salah satu cara mendapatkan penginapan yang murah. Dalam beberapa kesempatan, Anda bisa mendapatkannya gratis. Dengan menginap di homestay, Anda juga bisa berinteraksi dengan masyarakat lokal. Jika “Life is an Adventure” merupakan moto wisata Anda, homestay sangat cocok dengan Anda.

5. Menyewa vila
Apartemen, vila, atau pondok menawarkan akomodasi yang cukup murah. Sebab, dengan ruangan yang lega dan beberapa tempat tidur atau kamar, tempat itu dapat memuat banyak orang, dan dengan begitu biayanya dapat dibagi rata sehingga lebih murah.

6. Tempat akademis
Ketika liburan musim panas, banyak siswa dan mahasiswa yang pulang ke rumah masing-masing sehingga kamar  asrama mereka tidak ditempati. Di beberapa negara, kamar asrama tersebut bisa disewakan kepada turis.

7. Rumah petani
Rumah petani atau pekerja kebun cukup populer di Eropa, Australia, dan New Zealand. Tanpa harus memerah susu atau memotong rumput, Anda dapat menumpang menginap di rumah pekerja kebun ini.

8. Kemping
Tidur beratapkan langit dan pemandangan bintang bisa menjadi pengalaman yang sangat berbeda. Kemping merupakan salah satu cara untuk menghemat uang akomodasi, terutama jika Anda juga memasak sendiri makanan Anda dibanding makan di restoran. Jika Anda tidak mau tidur sambil digigiti nyamuk, Anda bisa membawa tenda.

9. Menyewa kamar
Bed and breakfasts dapat menghemat uang Anda dibanding harus tidur di kamar hotel. Terkadang, orang lain yang seharusnya menginap bersama Anda tidak jadi menginap, sehingga Anda dapat leluasa berada di dalam kamar.

10. Bertukar rumah
Bertukar rumah dengan wisatawan lain adalah cara yang nyaman selama berwisata. Untuk dapat menjadi anggota dari jaringan pertukaran rumah, Anda harus mendaftar dan membayar biaya tahunan seharga biaya menginap semalam di hotel.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: