Tips Memilih Homestay

teras

Homestay menjadi pilihan utama para backpacker karena harganya yang murah. Hampir semua destinasi di Indonesia mempunyai homestay. Beberapa waktu lalu homestay di Sawahlunto, Sumatera Barat meraih penghargaan sebagai yang terbaik di Asia. Destinasi seperti Bali dan Jogja bahkan telah mempunyai Perda-nya. Dengan memilih homestaysebagai akomodasi selama berwisata, berarti kamu harus siap berbagi atap dan berbaur dengan masyarakat.

Homestay menjadi unik dan disukai kebanyakan backpacker karena menjadi arena pembelajaran budaya dan kontribusi sosial-ekonomi turis terhadap masyarakat lokal. Namun sebaiknya, bukan harga murah saja yang menjadi pertimbangan. Berikut tips dari kami untuk kamu yang akan menginap di homestay.

Harga

Sebelum menetapkan pilihan, ada baiknya bertanya kepada bukan pemilik homestaymengenai kisaran harga. Jangan segan untuk bertanya apakah harga bisa ditawar atau tidak. Seandainya harga bisa ditawar, kamu bisa bernegosiasi mengenai jumlah yang akan menginap (sendiri atau bersama teman) dan jasa layanan khusus pada pemilik. Jika menurut kamu harga yang ditawarkan orang pertama, terlalu mahal dan sulit ditawar, tolak saja secara halus dengan bilang mau melihat-lihat dulu dan kamu memiliki kesempatan mencari tahu tentang alternatif atau kisaran harga sebenarnya. Pertimbangan harga biasanya terletak pada fasilitas yang diberikan, kondisi, dan letak strategis tertentu, misalnya pemandangan atau dekat dengan atraksi utama.

Bersih

Bersih adalah pertimbangan wajib dalam memilih homestay jika tak mau liburan kamu terganggu karena bau dan lembab. Bersih berarti, meliputi kondisi rumah, kamar tidur, dan kamar mandi yang nyaman dan sehat. Perhatikan ventilasi, sanitasi, dan higienitas rumah secara keseluruhan. Bau adalah indikasi pertama apakah homestay itu bersih atau tidak, juga perilaku pemilik rumah. Jika mendapati homestay dengan bau yang tidak nyaman sebaiknya cari yang lain.

Tenang

Tenang berarti homestay tidak berisik atau bising. Perhatikan lokasi rumah dan kamar kamu, apa berdekatan dengan sumber bising suara, seperti dekat dengan proyek bangunan atau bandara. Suara pesawat yang landing dan take-off bisa membuat kamu sering kaget saat tidur. Suara yang berisik dan bising dapat menganggu kenyamanan kamu beristirahat. Juga pertimbangan apakah kamar yang kamu dekati bersebelahan dengan pusat aktivitas keluarga tersebut, seperti ruang tivi atau keluarga.

Terang

Usahakan mencari homestay dengan pencahayaan yang cukup baik melalui lampu maupun sinar matahari. Kondisi yang gelap juga akan menganggu kenyamanan. Adanya jendela kaca yang besar yang terhubung langsung dengan luar ruangan bisa menjadi pilihan utama karena di pagi dan siang hari tak perlu lagi menyalakan lampu.

Air Bersih

Ketersediaan air bersih merupakan hal yang mutlak harus diperhatikan baik untuk minum maupun mandi. Cek kondisi air dalam bak mandi, bau dan warnanya.

Keramahtamahan

Kamu akan tinggal satu atap dengan pemilik homestay dalam beberapa hari ke depan atau setidaknya sering bertemu. Keramahtamaan bisa dilihat dari cara pemilik homestaymenawari atau menyambut tamunya.


Sumber : http://www.jejakwisata.com

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s